Di Indonesia, tercatat ada lima destinasi super prioritas wisata yang menjadi andalan pariwisata. Lima destinasi ini juga umumnya menjadi favorit dari pecinta traveling baik dalam maupun luar negeri. 5 Destinasi super prioritas tersebut adalah : Mandalika, Labuan Baju, Danau Toba, Likupang dan Borobudur.
Melihat perkembangan 5 Destinasi super prioritas tersebut, Direktorat Jenderal Pos Indonesia bersama Kemenparekraf RI menghadirkan salah satu strategi promosi yang dianggap efektif untuk mempromosikan kepariwisataan Indonesia di kancah dunia berupa penerbitan prangko dengan ikon/ciri khas dari masing-masing destinasi super prioritas.
Prangko adalah label atau carik, atau teraan di atas kertas dengan bentuk dan ukuran tertentu, baik bergambar maupun tidak bergambar, yang memuat nama negara penerbit atau tanda gambar yang merupakan ciri khas negara penerbit, dan mempunyai nilai nominal tertentu berupa angka dan/atau huruf. Prangko ditempelkan pada amplop, kartu pos, atau benda pos lainnya sebelum dikirim.