Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengikuti berbagai pameran di banyak negara untuk mempromosikan brand pariwisata “Wonderful Indonesia”.
Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata (Kemenpar) I Gde Pitana di Jakarta, mengatakan pihaknya berupaya menggiatkan promosi Wonderful Indonesia untuk mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Tanah Air.
“Untuk mendongkrak “awareness” wisman, kita berpartisipasi pada berbagai bursa pariwisata internasional serta memfasilitasi tour operator dan travel agent Indonesia pada acara Table Top atau Sales Mission di mancanegara antara lain,” katanya, Senin (21/3/2016).
Pitana mencontohkan keterlibatan Indonesia untuk promosi brand pariwisata Wonderful Indonesia pada NATAS Travel Fair di Singapura, (4-6 Maret 2016), India International Travel Mart (4-7 Maret 2016), dan San Francisco Travel and Adventure Show, di San Francisco, Amerika Serikat 5-6 Maret 2016).
Selain itu juga pada ajang Internationale Tourismus Borse (ITB) di Berlin, Jerman (9-13 Maret 2016), MATTA Fair di Kuala Lumpur, Malaysia (11-13 Maret 2016), Hongkong Flower Festival di Hongkong, (11-20 Maret 2016) dan Cruise Shipping Miami di Fort Lauderdale, AS (14-17 Maret 2016).
Kemenpar juga menggencarkan promosi di wilayah Asia dan Australia antara lain dengan mengikuti pameran di Asia Dive Expo (ADEX) pada 15-17 April 2016 yang melibatkan 20 industri pariwisata Indonesia sebagai peserta.
Pada event ini Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, diundang menjadi “guest of honour” pada acara “opening ceremony” ADEX 2016.
“Kami juga akan menyelenggarakan sales mission 2 kota di Vietnam dan Indonesia Tourism Table Top di Sabah, Malaysia pada akhir Maret 2016,” katanya.
Di sisi lain Kemenpar juga akan mengikuti Diving Resort Travel Show Shanghai (18-20 Maret 2016) serta menyelenggarakan promosi Wonderful Indonesia di Auckland International Cultural Festival di Selandia Baru pada 20 Maret 2016 dan Promosi Wonderful Indonesia pada Komunitas Yachter di Australia pada 21-24 Maret 2016.
Promosi juga digencarkan di Wilayah Eropa, Timur Tengah, Amerika, dan Afrika antara lain dengan menggelar 11 kegiatan di antaranya berpartisipasi pada bursa pariwisata International Meeting Exhibition Frankfurt (19-20 April 2016), WTM Afrika (6-8 April 2016), Ottawa Travel and Vacation Show(9-10 April 2016), Riyadh Travel Fair (12-15 April 2016), dan Arabian Travel Market (25-28 April 2016).
Indonesia pun akan terlibat dalam penyelenggaraan Promosi Wonderful Indonesia di Timur Tengah (14 April 2016) dan Uni Emirat Arab (April 2016); pelaksanaan Famtrip TA/TO Perancis (6-14 April 2016), Famtrip Media Golf dari Rusia (24-28 April 2016) dan Famtrip Media Golf dari Perancis (25 April – 1 Mei 2016), serta Sales Mission Afrika Selatan (April 2016) “Beberapa event kami jadikan daya tarik wisata utama untuk dipromosikan di berbagai acara dan media di luar negeri, satu di antaranya beberapa waktu lalu Gerhana Matahari Total,” katanya.
Promosi media ruang dilakukan di Filipina, Belanda, Jerman, Malaysia, sedangkan publikasi media online untuk event Gerhana Matahari Total atau GMT antara lain di Google, Youtube, TripAdvisor dan Baidu.
“Kami juga promosi dengan cara pemasangan TVC di 30 channel internasional (FOX channel, CNBC, CNN international, BBC world, Channel U, TV5, AFC, MTV Asia, SBS, Al Jazeera, CCTV, TV5 Mone, AXN, dll), serta pemasangan iklan media cetak di majalah Travel & Leisure AS, majalah Going Places Malaysia Airlines, dan majalah Krisworld Singapore Airlines,” kata Pitana.
Upaya itu diharapkan mampu mendongkrak minat wisatawan asing untuk berkunjung ke Tanah Air.(amr)
Sumber: Okezone Lifestyle